Pasang Iklan Disini

Minggu, 09 Juni 2013

Cara Mengoprasikan Scaner HP Scanjet G2410/2400



Assalamualaikum wr.wb.
Semangat pagi kawan-kawan!!
Dalam kesempatan sekarang ini saya akan berbagi suatu cara dalam melakukan Scan, baik itu berbentuk image ataupun dokumen. Mungkin diantara kalian ada yang masih belum mengetahui apa itu scan.
Sebenarnya apa sih Scan Itu?
Scan yaitu proses memindai sebuah objek/gambar menggunakan Scanner yang nantinya akan ditampilkan terlebih dahulu di layar monitor dan setelah itu dapat kita modifikasi ataupun dirubah.
Lalu apa Scanner itu?
Scanner yaitu sebuah alat untuk melakukan proses Scan. Scanner ini dilengkapi dengan alat optik didalamnya sehingga dapat memindai objek menjadi file.
Apa fungsi Scan tersebut?
Scan itu memiliki fungsi agar kita dapat mengubah kembali suatu objek/gambar ataupun memodifikasinya supaya menjadi lebih baik.


Nahh setelah mengetahui semua itu kalian pasti sudah tau dengan yang dimaksud scan tersebut. Maka dari itu sekarang mari kita lanjutkan dengan cara mengoprasikannya.
Pertama-tama kita harus melakukan persiapan terlebih dahulu.
PERSIAPAN:
Alat dan Bahan:
  • Sebuah HP Scanjet G2410 atau 2400.
  • Driver scanner.
  • Objek/gambar yang akan discan.
  • Sebuah laptop/komputer.
    Laptop
  • Kabel USB
    Kabel USB
LANGKAH KERJA:
1. Siapakan semua persiapan yang perlu disiapkan.
2. Installkan driver scanner tersebut pada laptop/komputer yang kita gunakan. Cara install nya sebagai berikut:
  • Buka file Setup pada driver Scanner tersebut.
  • Setelah itu nanti akan muncul tampilan seperti ini.
Install
  • Lalu klik Install Software untuk memulai proses installasi. Dalam proses installasi ini terdapat 4 proses seperti Checking System, Prepare system for installation, Install software dan juga Configure Profuct.

Checking system
  • Setelah Checking System nanti akan ada sebuah perjanjian yang dimana perjanjian tersebut harus kita setujui dengan cara beri tanda ceklis pada I have reviewed and accept the installation agreements and settings, lalu klik Next dan nanti akan melanjutkan proses yang tadi hingga Configure Product.
  • Nanti akan ada sebuah perintah agar kita menghubungkan kabel USB dari Scanner ke laptop/komputer, maka hubungkanlah Scanner tersebut.
  • Apabila sudah selesai akan ada tampilan yang bertulisakan Congratulations! Instaalation Software Complete. Lalu klik Finish. Nahh sekarang installation driver sudah selesai.
3. Biarkan Scanner tetap terhubung ke laptop/komputer. Kemudian buka software HP Solution Center.
Solution center


4. Sekarang akan tampil berbagai pilihan, dan kita coba dengan scan dokumen, maka pilih yang scan dokumen dan pilih type dokumennya.
5. Lalu pilih tempat dimana kita menyimpan file dokumen tersebut.
6. Tunggu hingga scan selesai dan klik Finish.. Maka objek yang kita scan tersebut sekarang sudah menjadi file ditempat yang kita tentukan tadi.
7. Proses scan telah selesai.


Apabila ada yang kurang paham atau masih gagal dalam proses scan tersebut tinggal tanyakan lewat komentar di artikel milik TKJ Komunitas Indonesia ini.
Selamat mengerjakan dan semoga berhasil.

Wassalamualaikum wr.wb.









Ketikkan email kalian dibawah dan klik Berlangganan untuk dapat berlangganan artikel kami:

Delivered by FeedBurner

Please Give Us Your 1 Minute In Sharing This Post!
SOCIALIZE IT →
FOLLOW US →
SHARE IT →

 
notifikasi
close